Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berinteraksi dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru maupu peserta didik penting untuk mengetahui tercapai tatau idaknya tujuan pembelajaran pada saat ataupun setelah proses pembelajaran berlangsung. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, guru hendaknya menyusun program pengajaran sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas.
Program Pengajaran Biologi merupakan kumpulan beberapa perangkat pembelajaran yang disusun dan dirangkai menjadi suatu kesatuan prosedur yang digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara menyeluruh oleh siswa.
Pengembangan Program Pengajaran Biologi (P3Bio) merupakan mata kuliah yang termasuk kedalam matakuliah keahlian berkarya dengan kompetensi hasil belajar termasuk kompetensi yang utama. Dalam mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh pada matakuliah-matakuliah sebelumnya secara komprehensif baik secara teori maupun praktek, baik dalam perkuliahan maupun dilapangan dengan bobot 3 sks.
Pada matakuliah ini akan dibahas bentuk-bentuk program pengajaran biologi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP/ MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/ MA) yang meliputi pola dan cara pengembangan program tahunan dan program semester, pengembangan silabus mata pelajaran, pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang siap pakai dalam pembelajaran, pengembangan program perbaikan dan menyusun program pengayaan.
Dari sejumlah materi yang terdapat pada matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan terampil dalam menyusun program pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, silabus, RPP, program remedial dan pengayaan untuk SMP dan SMA, mampu menginventaris atau memilih model pembelajaran, memilih dan mengembangkan media pembelajaran, serta mengembangkan alat evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan tertentu, dan mampu mengembangkan program remedial dan pengayaan.
Selain itu, karena matakuliah ini lebih mengedepankan pengembangan dan aplikasi program-program pembelajaran yang telah ada, maka untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa terhadap materi ini, mahasiswa diharapkan juga dapat mengkaji program-program pembelajaran yang ada disekolah sebagai pembanding.
Untuk itu sebelum memulai matakuliah ini, mahasiswa diharapkan telah memiliki perangkat-perangkat pembelajaran terutama program tahunan, program semester, silabus, RPP, program remedial dan pengayaan untuk SMP dan SMA.
Daftar Pustaka
Muslich, Masnur. (2007). Dasar Pemahaman dan Pengembangan Kurikulum Seri Standar Nasional Pendidikan : Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah dan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulyusri. (2010). Modul Program Pendidikan Profesi Guru Program Pengembangan Pengajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Tugas Kegiatan Terstruktur
Carilah contoh perangkat-perangkat pembelajaran terutama program tahunan, program semester, silabus, RPP, program remedial dan pengayaan untuk SMP disekolah sebagai pembanding !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar