A. KAIDAH PENULISAN SOAL OBJEKTIF Penulisan soal untuk aspek kognitif harus memerhatikan kaidah-kaidah dari segi :
1. Materi
2. Konstruksi
3. Bahasa.
Kaidah penulisan soal aspek kognitif dari segi materi pembelajarannya yaitu
1. Soal harus sesuai dengan indikator. Artinya soal harus menanyakan perilaku dan materi yang hendak diukur sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi.
2. Pengecoh harus berfungsi
3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar. Artinya, satu soal hanya mempunyai satu kunci jawaban.
Kaidah penulisan soal aspek kognitif dari segi konstruksi yaitu
1. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. Artinya, tidak menimbulkan pengertian atau penafsiran yang berbeda dari yang dimaksudkan penulis.
2. Setiap butir soal hanya mengandung satu persoalan/gagasan
3. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
4. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. Artinya, pada pokok soal jangan sampai terdapat kata, kelompok kata, atau ungkapan yang dapat memberikan petunjuk ke arah jawaban yang benar.
5. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan penafsiran peserta didik terhadap arti pernyataan yang dimaksud.
6. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi. Artinya, semua pilihan jawaban harus berasal dari materi yang sama dan semua pilihan jawaban harus berfungsi.
7. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama. Kaidah ini diperlukan karena adanya kecenderungan peserta didik memilih jawaban yang paling panjang karena seringkali jawaban yang lebih panjang itu lebih lengkap dan merupakan kunci jawaban.
8. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah" atau "Semua pilihan jawaban di atas benar".
9. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis.
10. Gambar, grafik, tabel, diagram, wacana, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
11. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
12. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Kaidah penulisan soal aspek kognitif dari segi bahasa yaitu
1. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia dalam penulisan soal di antaranya meliputi: pemakaian kalimat, pemakaian kata, pemakaian ejaan.
2. Bahasa yang digunakan harus komunikatif, sehingga pernyataannya mudah dimengerti peserta didik.
3. Pilihan jawaban jangan yang mengulang kata.
4. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
5. Rumusan soal tidak mengandung kata yang dapat menyinggung perasaan siswa.
B. KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN
1. Materi
a.Soal harus sesuai dengan indikator.
b.Pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c.Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan peugukuran.
d.Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang sekolah
2. Konstruksi
a.Menggunakan kata tanya/perintah yang menuntut jawaban terurai.
b.Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
c.Setiap soal harus ada pedoman penskorannya.
d.Tabel, gambar, grafik, yang disajikan harus jelas, terbaca, berfungsi.
3. Bahasa
a.Rumusan kalimat soal harus komunikatif.
b.Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (baku).
c.Tidak menimbulkan penafsiran ganda.
d.Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
e.Tidak mengandung kata/ungkapan yang menyinggung perasaan peserta didik.
Dalam penulisan soal kita harus memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditentukan, dalam penulisan soal objektif yang harus diperhatikan adalah
BalasHapus1) dalam segi materinya ; soal harus berkaitan dengan indikator yang bersangkutan atau dengan kisi-kisi dan setiap jawaban itu harus memiliki satu kunci jawaban saja.
2) dalam segi konstruks ; seperti teknik penulisannya yang jelas, dan pada option jawaban tidak boleh ada pernyataan “semua pilihan benar” atau “semua salah” dsb, serta apabila option berisikan angka atau huruf, maka angka/huruf tsb disusun berdasarkan urutannya.
3) dalam segi bahasanya yang mudah dimengerti oleh siswa dan sesuai dengan KBBI. Bahasa tidak boleh menggunakan bahasa setempat.
Dalam penulisan soal uraian kita harus memperhatikan kaidah-kaidah yang telah ditentukan sebagai berikut:
1) materi ; tidak jauh berbeda dengan kaidah penulisan soal objektif , soal harus sesuai dengan indicator dan sesuai dengan tujuan pengukurannya dan jenjang sekolah
2) konstruksi ; menggunakan tanda Tanya yg sesuai, tabel/grafik/gambar haruslah jelas, dan setiap soal menggunakan pedoman penskorannya
3) bahasa ; kaidahnya sama saja dengan kaidah penulisan soal objektif, yaitu menggunakan bahasa sesuai KBBI dan tidak bahasa setempat.
dari bacaan diatas ada beberapa hal yang sering kalai diulang ulang dan juga sebagai pokok dari uraian yang tertulais.bisa kita peroleh beberapa kesimpulan yaitu 1. harus dengan bahasa baku ,2. harus sesuai indikator ,3. penulisan perintah yang jelas, 4.tulisan,tujuan yang jelas dan tidak menyinggung, 5.dalam satu soal haruslah berkaitan dgn hal yng bersangkutan dari soal tersebut. jadi dalam pembuatan soal tidak boleh bertele tele sehingga tdak terjadi hal yang tidak diinginkan yg berdampak besar. maka dari sinilah kita dapat memahami bahwa profesi seorang guru bukanlah asal asalan profesi.
BalasHapustang kayu
Yg 2 ini bener2 mahasiswa teladan nih ;)
BalasHapusThanx 4 attention
Wlpun ga diwajibkan resume utk pertemuan minggu ini tp tetap pay attention.. two thumbs for u :D
Fight for kisi2 yaa.. good luck ;)
aspek kognitif
BalasHapusbnayk hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan soal baik itu dari segi materi,kontruksi maupun penggunaan bahasanya.
dalam penulisan soal semuanya harus sesuai dengan KD, indikator soal, indikator pembelajarannya..
okee itu sedikit kesimpulan dari saya,meskipun ini gak wajib tapi saya tetap ingin menyimpulkan sedikit dari materi kita kali inii...
assalamu'alaikum buk, tugas buat minggu besok ni membuat evaluasi berdasarkan materi yang ibuk kasih kemaren kan buk, tugasnya individual kan buk?
BalasHapusWalaikumslm.. membuat kisi2 soal za.. iya individu..
BalasHapusterimakasih atas ilmunya
BalasHapus